jam

Sabtu, 15 September 2012

kenyataan hati ini .........

memang awalnya bisa namun apa daya ?
hati ini memilih kamu untuk jadi pelabuhan terakhirnyaaa....

awal mulanya....
awal mula yang sangat biasa..
aku hanya duduk, diam dan membisu tanpa 1 kata pun 
hal ini wajar rasanya karena aku belum mengenal kamu

sebulan berjalan, tidak pernah ada perasaan apapun tentang kepadamu..
2 bulan berjalan, hati ini pun tetap sama, tidak mempunyai perasaan apapun kepadamu..

tapi entah mengapa dan kenapa dibulan ketiga aku merasakan hal yang aneh pada hatiku..
aku kesal melihat kamu dekat dengan wanita itu...
aku kesal melihat kamu tidak menegurku...
dan aku kesal ketika kamu menghiraukan kehadiranku...

awalnya aku hiraukan tentang perasaan aku ini..
tapi semakin sering aku menghiraukan, semaki sakit rasanya ketika kamu semakin tidak memperdulikan aku...

hinga akhirnya aku sadar tentang perasaan ini..
ternyata aku mulai mencintaimu...


seiring waktu berjalan, aku mulai mengenalmu..
dan seiring itu juga hatiku mulai tak tenan..
tak tenang karena tidak ada respond yang positif dari hati kamu...

kecewa, sedih, galau, atau apalah itu yang jelas aku sangat sedih ....
aku mencoba untuk tenang dan perlahan melupakanmu..
namun apa daya ?
semakin aku coba melupakanmu, semakin tak tenang rasanya hati ini...



-LMM- vergeten is pijnlijk

Jumat, 14 September 2012

surat untuk .......

hey kamu! 
pria berkulit hitam
bewajah manis
dan pria yang memiliki senyum menawan

tahukah kamu ?
ada yang menunggu sebuah jawaban yang pasti dari mu..
bukan aku, buka dia, bukan siapa-siapa...

tapi, hati dan perasaan ini....
meskipun hanya hati, meskipun hanya perasaan....
tapi mereka sangat setia menunggumu..

meskipun mereka setia menunggumu, tapi jangan berikan dia harapan kosong...
harapan yang hanya bisa membuat mereka berbunga-bunga sesaat...

berikanlah mereka jawaban yang pasti karena kamu tau ?
hati itu paling tidak bisa untuk menungu lama...



-LMM- een hoop die alleen bereikt kan worden in een droom....

Selasa, 06 Maret 2012

Skutel resep mama

skutel ?
hmm mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui apa itu skutel .
ada yag bilang skutel itu dari itali ada yg bilang juga ga tau skutel itu darimana *loh ?
sudahlah lupakan .  disini saya akan membahas skutel resep dari mamahku tersayaaaaang :)
ininih bahanya ::::::

Bahan :
60 gr mentega/margarin
2 siung bawang putih, cincang
200 gr bawang bombay , iris tipis.
400 gr brokoli (sudah direbus)
 700 ml kaldu ayam (boleh diganti daging cincang)
2 sdm pasta tomat
1 sdm minyak goreng
225 gr makaroni
 8 btr telur
2 sdt garam
2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
400 ml susu cair (pake ultra atau ga dancow yg fullcream lebih gurih)
150 gr jamur merang, belah empat.
150 gr smoked beef, iris tipis spt korek api.
200 gr keju cheddar parut
50 gr kraft melt
Cara membuat:
  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bw putih sampai harum, tuangi kaldu, masak hingga mengental, angkat dinginkan sebentar.
  2. setelah dingin, beri pasta tomat, aduk rata.
  3. Didihkan air dalam panci, beri 2 sdm minyak goreng, masukkan makaroni, masak hingga empuk, tiriskan.
  4. Kocok telur sampai tercampur, beri garam, merica dan pala, aduk, masukkan susu/krim, jamur dan smoked beef, aduk rata, masukkan makaroni dan keju parut, aduk yg rata. kasih penyedap rasa secukupnya kalao suka, aduk rata.
  5. tuang dalam loyang tahan panas volume +/- 2 ltr, ratakan, taburi keju kraft melt.
  6. panggang dalam oven, kira-kira satu jam hingga kecoklatan, angkat.
  7. dinginkan sebentar, siap disajikan.

nah, simple kan ?
kalo mau lebih cepat, kukus dulu skutelnya sampai setengah matang, baru dipanggang . rasa dan bentuk sama saja . terserah pembaca mau lebih cepat atau sabar menunggu.

semoga bermanfaat :)

Minggu, 29 Januari 2012

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah sebuah bahasa yang berasal dari Inggris, merupakan bahasa utama di Britania Raya (termasuk Inggris), Amerika Serikat, serta banyak negara lainnya, dan termasuk rumpun bahasa Jermanik Barat. Bahasa ini berawal dari kombinasi antara beberapa bahasa lokal yang dipakai oleh orang-orang Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon dari abad ke-6 sampai 10. Lalu pada tahun 1066 dengan ditaklukkan Inggris oleh William the Conqueror, sang penakluk dari Normandia, Perancis Utara, maka bahasa Inggris dengan sangat intensif mulai dipengaruhi bahasa Latin dan bahasa Perancis. Dari seluruh kosakata bahasa Inggris modern, diperkirakan ±50% berasal dari bahasa Perancis dan Latin.

Sejarah bahasa Inggris
Perkembangan bahasa Inggris biasa dibagi menjadi tiga masa:
  • Bahasa Inggris Kuno atau bahasa Anglo-Saxon, 700 – 1066
  • Bahasa Inggris Tengahan, antara 1066 – 1500
  • Bahasa Inggris Baru, mulai dari abad ke 16
Bahasa–bahasa kerabat
Bahasa Inggris tergolong rumpun bahasa Jermanik, dan terutama dari cabang Jermanik Barat. Kerabat terdekatnya adalah bahasa Friesland. Selain itu bahasa Belanda (termasuk pula bahasa-bahasa Jerman hilir lainnya) juga masih dekat. Bahasa Jerman (Bahasa Jerman hulu) agak lebih jauh lagi.
Tetapi dari semua bahasa Jermanik, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling lain secara tatabahasa dan kosakata. Kosakata bahasa Inggris banyak dipengaruhi oleh bahasa Perancis, yang masuk melalui penaklukan bangsa Norman dan belakangan melalui penggunaan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi selama beberapa abad di lingkungan pemerintahan.
Status bahasa
Selain itu bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi di organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komite Olimpiade Internasional, serta bahasa resmi di berbagai negara, seperti di Afrika Selatan, Belize, Filipina, Hong Kong, Irlandia, Kanada, Nigeria, Singapura, dan lainnya.
Di dunia bahasa Inggris merupakan bahasa kedua pertama yang dipelajari. Bahasa Inggris bisa menyebar karena pengaruh politik dan imperialisme Inggris dan selanjutnya Britania Raya di dunia. Salah satu pepatah Inggris zaman dahulu mengenai kerajaan Inggris yang disebut Imperium Britania (British Empire) adalah tempat “Matahari yang tidak pernah terbenam” (“where the sun never sets”).


Tata bahasa
Tata bahasa Inggris memiliki variasi dalam struktur dan penggunaannya, itu tergantung tradisi yang digunakan oleh suatu negara yang dipengaruhi oleh bahasa asli dari negara tersebut. Secara umum, tata bahasa yang dipedomani adalah tata bahasa Inggris Amerika dan Inggris Britania Raya (British).
Sistem kala
Sistem kala dalam bahasa Inggris disebut tense. Tense terbagi menjadi tiga yakni:
Dalam satu tense masing-masing terbagi menjadi empat yakni:
  • Simple
  • Continuous
  • Perfect
  • Perfect Continuous

kalo kita liat dari susunan diatas bahasa inggris memang terlihat ribet, riweh, atau apalah .Tapi percayalah, bahasa inggris akan sangat menguntungkan bagi teman-teman yang benar benar serius mempelajarinya :)

Pekerja Sosial dengan Peranannya

Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang memandang rendah pekerja sosial. Padahal di negara-negara maju, pekerja sosial telah dianggap sebagai sebuah profesi yang serius dan tentunya sangat dibutuhkan. Menjadi seorang pekerja sosial tidak semata-mata tanpa mempunyai modal ketrampilan. Pekerja sosial sebagai pekerja profesional harus membekali diri mereka dengan ketrampilan dan keahlian khusus. bahkan telah ada lembaga atau sekolah yang khusus didirikan untuk memberikan pelajaan tentang ketrampilan dan keahlian bagi para pekeja sosial.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi pekerja sosial menurut para ahli:
# ENDANG MOERTOPO
Pekerja sosial adalah seseorang yang memiliki dasar pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai pekerjaan sosial yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial
# KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA
Pekerja sosial adalah  orang yang memiliki profesi pertolongan
# TARA KUTHER, Ph.D
Pekerja sosial adalah seorang profesional, yang paling sering  bekerja dengan orang dan membantu mereka mengelola kehidupan sehari-hari mereka, memahami dan beradaptasi dengan penyakit, cacat, kematian, dan memberikan pelayanan sosial, seperti perawatan kesehatan, bantuan pemerintah, dan bantuan hukum.
# JACK CLARIDGE
Pekerja sosial adalah sorang individu yang bertujuan untuk membantu orang-orang dalam masyarakat yang  tidak mampu atau kesulitan dalam menangani masalah kehidupan yang mereka hadapi. Pekerja sosial dapat melakukan tugas mereka di sekolah, rumah sakit, organisasi, dan sektor publik lainnya.

Seorang pekerja sosial bertugas melaksanakan program pembangunan di bidang kesejahteraan sosial dalam bentuk kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan pelayanan sosial.
Maka dari itulah, peranan pekerja sosial dalam dikelompokkan dalam beberapa tingkatan :
1. Dalam Praktek Mikro (Individu-Keluarga)
a. Penghubung : Menghubungkan klien dengan sistem sumber
b. Pemungkin : Menyediakan dukungan dan dorongan kepada sistem klien agar mampu menghadapi masalahnya
c. Perantara : Menentukan jalan keluar bila terjadi konflik
d. Penyalur Informasi : Menyiapkan dan menyalurkan informasi yang dibutuhkan
e. Evaluator : Memberikan penilaian terhadap interaksi dan hasil yang dicapai
f. Manajer Kasus/ Koordinator : Merencakan dan mengkoordinasikan pelayanan, menemukan sumber dan monitoring terhadap kemajuan
g. Pembela : Membela kepentingan dan memberdayakan klien
2. Dalam Praktek Mezzo (Kelompok)
a.  Instruktur : Mengarahkan, menjelaskan dan mengingatkan anggota kelompok tentang apa yang harus dikerjakan
b. Pencari Informasi : Selalu memberikan informasi tentang berbagai topik terhadap kelompok
c. Pembentuk Opini : Selalu ingin mengetahui pendapat orang lain sebelum memberikan pendapat sendiri
d. Evaluator : Mampu memberikan ide-ide baru terhadap kelompok dan memutuskan mana yang paling tepat
e.  Elaborator : Mampu mengembangkan lebih lanjut terhadap semua ide yang muncul dalam kelompok
f. Pemberi Semangat : Selalu mendorong semangat dan antusiasme kelompok
g. Pencatat : Selalu memelihara catatan terhadap semua keputusan yang telah ditetapkan
h. Teknisi Prosedural : Membantu kelompok bertindak sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku
i. Pendorong : Selalu memberikan dorongan bagi kemajuan dan perubahan dalam kelompok
j. Pendengar : Selalu menjadi pendengar yang baik pada saat diperlukan
k. Pengikut : Menjadi pengikut yang baik dan mendorong anggota kelompok untuk menjadi pengikut yang baik
l. Pengatur Kompromi : Mengatur kesepakatan dan kompromi dalam kelompok
m. Pereda Ketegangan : Mampu meredakan berbagai ketegangan dalam kelompok
3. Dalam Praktek Makro (Organisasi Sosial Masyarakat)
a.  Pengambil Inisiatif : Selalu mengambil inisiatif terhadap berbagai issue
b. Perunding : Mampu mewakili organisasi/masyarakat untuk berunding dan menemukan jalan keluar dengan lembaga/organisasi lain
c. Pembela : Mampu membela kepentingan organisasi/masyarakat yang diwakili
d. Juru Bicara : Menjadi juru bicara dari organisasi/masyarakat yang diwakili
e. Penggerak : Penggerak organisasi/masyarakat dengan mengorganisasikan dan menggerakkan kegiatan dan mendorong orang berpartisipasi dalam organisasi/masyarakat
f. Penengah : Menjadi penengah antara dua atau lebih organisasi/masyarakat dan berkepentingan  sehingga tercapai kesepakatan
g. Konsultan : Memberikan konsultasi baik kepada semua pekerja sosial maupun kepada pengurus/pelaksana lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan dalam upaya memecahkan permasalahan yang dihadapi

Bahasa Indonesia, Bahasa Nasional yang Kini Mulai Tersaingi Seiring Perkembangan Jaman

Bahasa Indonesia mengalami tahap-tahap yang sangat penting dalam sejarah perkembangannya. Dimulai dari 1901, disusun ejaan resmi bahasa Melayu oleh Ch. Van Ophuysen dalam Kitab Logat Melayu sebagai cikal bakal bahasa Indonesia. Pada 1928 Bahasa Indonesia diikrarkan dalam Sumpah Pemuda sebagai bahasa persatuan. Kemudian tahun 1942 kedudukan bahasa Indonesia semakin kokoh akibat kekalahan belanda terhadap Jepang, yang secara otomatis bahasa Belanda tidak boleh dipergunakan lagi, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam situasi resmi. Tahun 1945 Bahasa Indonesia memperoleh kedudukannya yang lebih pasti sebagai bahasa nasional, bahasa resmi, bahasa kesatuan dan bahasa negara.Bahkan pemuda pemudi Indonesia zaman dulu lebih senang menggunakan bahasa Indonesia untuk bahasa sehari-hari sampai bahasa dalam menulis surat ataupun sebuah pidato. Namun apa yang terjadi pada saat sekarang ? muda mudi Indonesia lebih senang menggunakan Bahasa Gaul atau Bahasa Asing atau Bahasa Gaul & Asing.

seiring dengan berkembangan zaman yang begitu pesat di era globalisasi ini memang bahasa Indonesia kini sudah mulai terlupakan. Banyak muda mudi Indonesia yang lebih senang menggunakan Bahasa Gaul misalnya kata Aku diganti dengan Gue dan kata Kamu/Anda diganti dengan Lo contoh kalimatnya :
"gue mau ke mall nih, lo mau ikut gue gak ?"
ada lagi yang menggunakan Bahasa Asing,  contohnya :
I want to have lunch at McD. do you want to come with me? 
dan anehnya ada lagi anak gaul yang menggunakan bahasa campuran antara Bahasa Gaul dengan Bahasa Asing, contohnya : "lo. gue ? end."."hello wake up girls, open your mind. cowo ga cuma 1 kali, banyak dimana-mana."


yaa emang begitu lah faktanya. Bahasa Indonesia yang baku sudah mulai tersisih. Tapi kita sebagai pemuda pemudi Indonesia harus terus melestarikan bahasa Nasional kita yaitu bahasa Indonesia sekalipun disekolah kita diajarkan Bahasa Asing.