jam

Minggu, 29 Januari 2012

Bahasa Indonesia, Bahasa Nasional yang Kini Mulai Tersaingi Seiring Perkembangan Jaman

Bahasa Indonesia mengalami tahap-tahap yang sangat penting dalam sejarah perkembangannya. Dimulai dari 1901, disusun ejaan resmi bahasa Melayu oleh Ch. Van Ophuysen dalam Kitab Logat Melayu sebagai cikal bakal bahasa Indonesia. Pada 1928 Bahasa Indonesia diikrarkan dalam Sumpah Pemuda sebagai bahasa persatuan. Kemudian tahun 1942 kedudukan bahasa Indonesia semakin kokoh akibat kekalahan belanda terhadap Jepang, yang secara otomatis bahasa Belanda tidak boleh dipergunakan lagi, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam situasi resmi. Tahun 1945 Bahasa Indonesia memperoleh kedudukannya yang lebih pasti sebagai bahasa nasional, bahasa resmi, bahasa kesatuan dan bahasa negara.Bahkan pemuda pemudi Indonesia zaman dulu lebih senang menggunakan bahasa Indonesia untuk bahasa sehari-hari sampai bahasa dalam menulis surat ataupun sebuah pidato. Namun apa yang terjadi pada saat sekarang ? muda mudi Indonesia lebih senang menggunakan Bahasa Gaul atau Bahasa Asing atau Bahasa Gaul & Asing.

seiring dengan berkembangan zaman yang begitu pesat di era globalisasi ini memang bahasa Indonesia kini sudah mulai terlupakan. Banyak muda mudi Indonesia yang lebih senang menggunakan Bahasa Gaul misalnya kata Aku diganti dengan Gue dan kata Kamu/Anda diganti dengan Lo contoh kalimatnya :
"gue mau ke mall nih, lo mau ikut gue gak ?"
ada lagi yang menggunakan Bahasa Asing,  contohnya :
I want to have lunch at McD. do you want to come with me? 
dan anehnya ada lagi anak gaul yang menggunakan bahasa campuran antara Bahasa Gaul dengan Bahasa Asing, contohnya : "lo. gue ? end."."hello wake up girls, open your mind. cowo ga cuma 1 kali, banyak dimana-mana."


yaa emang begitu lah faktanya. Bahasa Indonesia yang baku sudah mulai tersisih. Tapi kita sebagai pemuda pemudi Indonesia harus terus melestarikan bahasa Nasional kita yaitu bahasa Indonesia sekalipun disekolah kita diajarkan Bahasa Asing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar