jam

Jumat, 27 Januari 2012

Peran Matematika dalam Kehidupan

Disiplin ilmu Matematika memegang peranan penting dalam kehidupan. Tanpa mengabaikan perlunya disiplin ilmu lain, Matematika berperan nyaris dalam setiap moment kehidupan kita. Matematika bukan melulu tentang tambah, kurang, kali, bagi, serta rumus-rumus yang konon katanya memusingkan sebagian besar pelajar di Indonesia. Sebenarnya tanpa kita sadari banyak sekali manfaar Matematika dalam kehidupan. Jika kita berfikir secara logika matematikanya, matematika adalah pelajaran yang tidak sulit dalam konteks pembelajaran disekolah akan tetapi sangat bermaanfaat dalam kehidupan kita.


Dengan dasar pemahaman Matematika yang cukup, dalam artian memiliki logika berfikir yang baik, seseorang bisa menyikapi berbagai fenomena dan permasalahan yang mereka hadapi dengan lebih baik. Bagaimana kita merespon sebuah permasalahan yang ditemui setiap hari dengan cepat dan baik, mengambil keputusan secara logis, serta penentuan prioritas dari berbagai pilihan yang ada hampir semuanya melibatkan kemampuan analisa dan logika matematika. Salah dalam mengambil keputusan, lebih mengutamakan perasaan daripada logika (dalam porsi tertentu), atau salah dalam menentukan prioritas dapat mengakibatkan hasil yang benar-benar berbeda dari yang kita harapkan.

Biarpun matematika penting dalam berperan dihidup kita namun bukan berarti semua hal perlu ‘dimatematikakan’. Jadi, mari gunakan ilmu Matematika secara bijak dan pada porsinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar